Selasa, 10 Desember 2013

PROFIL PERUSAHAAN

BAB 1
Latar Belakang
Perusahaan ini berdiri berdasarkan dari kayu bebas ekspor yang dimanfaatkan. Kebutuhan akan kayu yang semakin meningkat untuk membangun dan interior kayu lainnya. Dengan adanya perusahaan kayu mempemudah orang – orang yang membutuhkan kayu tanpa perlu bersusah payah untuk mengolahnya sendiri. perusahaan kayu ini dapat berdiri dan merekrut karyawan produksi tanpa perlu kemampuan bahasa yang handal ( seperti bahasa asing ), cukup skill yang handal dan kepatuhan terhadap peraturn yang ada. Semua dapat berjalan dengan baik. Dengan adanya perusahaan kayu selain untuk memperbaiki ekonomi pemiliknya juga dapat memperbaiki ekonomi para karyawany,a ini berarti satu lapangan pekerjaan lagi teripta.
Tujuan
Dilakukan observasi ini untuk mengetahui strategi apa yang digunakan oleh UD Rimba Raya untuk bersaing dengan para kompetitornya. Kompetitor yang bersaing dari segi manapun. Sebagai perusahaan yang sudah lama berdiri, competitor – komprtitor baru menjadi tantangan untuk terus berkarya dan meningkatkan kualitas agar tidak mengecewakan pelanggan. Menganalisis faktor internal dan eksternal untuk mengetahui SWOT pada perusahaan kayu ini. Sehingga dapat diketahui apa yang dihadapi dan apa yang harus dilakukan oleh perusahaan ini agar mampu bersaing dengan competitor lama maupun competitor baru.
PROFIL PERUSAHAAN

Nama Perusahaan                    : UD. Rimba Rxxx
Pemilik                                    : Drs. H. Masxxxx, S.H.
Alamat Usaha                         : Jalan Raya Kedung Sekar Benjeng
Telepon                                   : 031-xxxxxx
Bidang Usaha                         : Produksi Kayu dan Jasa Transportasi
Jumlah Karyawan                   : 20 Orang
Gaji Karyawan                        : Harian sebesar Rp. 50.000,- s/d Rp. 75.000,-
Usia Karyawan                       : 20 – 45 tahun
Pendidikan                              : SD s/d SMA/K
Modal Awal                            : Rp. 500,000,- (tahun 1990)
Jenis produksi                         : Gagang sapu

SEJARAH PERUSAHAAN
Perusahaan ini adalah perusahaan milik keluarga yang berdiri pada tahun 90an. Berawal dari seorang buruh supir yang memanfaatkan sisa ekspor kayu dari perusahaan tempat beliau bekerja. Kayu sepanjang 1,5x1 Meter dimanfaatkan untuk dijadikan gagang sapu ijuk.
Modal awal usaha sebanyak Rp. 500.000,-, dengan modal sebanyak itu tidak menjadikan masalah bagi beliau, karena usaha tersebut diatas lahan sendiri.
Usaha mantan buruh itu kini mulai pesat dan memiliki 25 karyawan. Yang terdiri dari 20 karyawan dari masyarakat sekitar dan 5 orang dari keluarga sendiri. Tujuan di rekrutnya karyawan dari masyarakat sekitar yang pendidikannya kurang adalah untuk membantu ekonomi masyarakat sekitar pabrik.
LATAR BELAKANG USAHA
-          Ingin memperbaiki status ekonomi dari orang yang tidak punya menjadi orang sukses
-          Membantu perekonomian masyarakat sekitar
TUJUAN USAHA
-          Menciptakan lapangan pekerjaan
-          Menciptakan kualitas kayu dan gagang sapu yang bagus dengan harga terjangkau
-          Menciptakan jasa transportasi
STRUKTUR ORGANISASI
BAHAN PRODUKSI
Bahan yang diperoleh untuk membuat produk gagang sapu berasal dari sisa kayu pabrik di Gresik dan Semarang.
SASARAN PEMASARAN
Sasaran pemasaran produk ini adalah seluruh masyarakat dan di kota Malang satu minggu 2 kali pengiriman. Disamping itu ada juga pembeli local (home industri) yang dating ke pabrik untuk membeli produk tersebut.
SISTEM KEUANGAN
Staff admin hanya mencatat pengeluaran dan pemasukan, dan direktur memegang control penuh semua keuangan.
STRATEGI PEMASARAN

Berpedoman dari risky dari Allah SWT, sang pemilik mencari harga yang termurah dan dijual dengan harga yang terjangkau, dan apabila harga kayu naik, sang pemilik akan mencari kayu di Semarang (karena lebih murah) dan menjualnya dengan harga yang tetap, sehingga tidak mengecewakan konsumen.

0 komentar:

Posting Komentar